Tiga Tahun Delapan Bulan Senang-Senang

/
0 Comments
Hari ini ngepost tentang masa kuliah yah, sementara biar ganti topik dulu. Cape juga kalo nulis perjalanan terus. Namanya juga bebas ^0^

Untungnya jantung masih berada pada posisi yang seharusnya, walaupun udah semalaman atau mungkin hampir sebulanan berdetak lebih cepat dan tidak seperti biasa. Ini semua gara-gara nungguin pengumuman hasil ujian SPMB(Seleksi penerimaan mahasiswa baru). Di mana akan ada nama-nama yang banyak di koran secara nasional atau lokal. Aku berharap salah satunya adalah namaku. Kan lumayan, jarang-jarang lho bisa nampang di koran. hehehe...

Setengah ngantuk aku bangun, dan aku lihat ayahku sudah membaca koran dan ibu di sampingnya dan ituh ada pena di tangan ayah. Sebenarnya pengumuman udah bisa di lihat lewat web, tapi mungkin tadi tengah malam banyak alien yang turut serta masuk ke web nya, aku jadi ga bisa ikutan masuk, daftar antrian terlalu panjang dan masa iya aku harus antri bareng-bareng alien. Ahh seriusnya muka dua orang tuaku, padahal jantungku sepertinya udah ga ada pada posisinya hari ini, mungkin sedang di cerna di dalam lambung .. mules jadinya..

"Ada nama kamu nih" kata Ayah sambil senyum.
" Hah???  Masa iya? Mana mana manaa????", ku geser Ibuku untuk pindah dan Ibuku kemudian geser Ayahku.  
Wah bener itu namaku wwkw, nama yang di ketik salah oleh petugas pencatat akte kelahiran tahun 1987, namaku di tambahin vitamin A di setiap katanya. Ahh tunggu, siapa tahu salah, cek nomer undian dulu.. Eh, nomer ujian maksudnya. Ternyata bener itu namaku dan nomer ujianku yang berakhir dengan angka 34. Lulusnya di Ilmu Komunikasi pilihan kedua. 

'Itu jurusan apa sih?" tanya ayahku.
"Ga tau Yah", jawabku. Aku ga tau ilmu Komunikasi itu jurusan apa, belajar apa dan ngapain aja nantinya, yang aku tau ya belajar tentang hubungan manusia dengan yang lainnya. Dan waktu aku memulai perkulian ya dasar komunikasi emang ini. hehe.... Maklum masih di kampung, para tetangga tau aku ikut ujian dan seantero kampung nanyain ayah anaknya lulus atau ga, dan ayahku cuma jawab Puji Tuhan, lulus. Kasian anak tetanggaku ga lulus dan dia kuliah di perguruan swasta. Eh iya, adeku juga ga lulus jadi di swasta juga.

Jangan aneh kenapa aku bisa ujian dengan adeku, karena aku udah nganggur satu tahun, tapi aku punya banyak acara pulang balik kota Medan dan kampung. Secara detail aku juga udah lupa ngapai ajah. Dan ini tahun ke dua aku ikut ujian SPMB. Tahun pertama ga lulus karena namaku ga muncul di koran. Agak umum, pilihan pertama kedokteran, wajar ga lulus ngukur gravitasi aja aku sulit, memprediksi campuran kimia aja bisa mengakibatkan ledakan kalau aku yang campur, untuk urusan bagian tubuh sih aku lumayan bisa karena waktu biologi aku selalu perhatikan dengan detail. Nah ini kenapa, karena waktu belajar Fisika dan Kimia aku banyakan bengong, kenapa bisa muncul angka-angka ajaib dan rumus-rumus yang keren. Wajar kalo Albert Einstein rambutnya kembang dan berantakan, aku ga mau kaya dia ah. hehe...

Tepat ya pilihan kedua, komunikasi yang konon katanya anaknya cakep-cakep dan rapi-rapi, manis-manis juga. Nah pilihan satu lagi sastra Jepang, untung ga lulus di sini OSPEKnya serem banget lho. hehe...
Apapun yang aku usahakan tetep Tuhan yang mutusin aku di mana, dan aku terima kasih banget sama Tuhan, walau ga keliatan tapi aku yakin dan percaya dia selalu ada dan dengar apa yang aku bisikkan dalam hati. Cieee sah nih jadi mahasiswa, sesuai tanggal registrasi ulang aku balik ke kota Medan yang katanya mau jadi kota metropolitan. Selesai registrasi segala macem, termasuk acara bayar membayar tinggal nunggu jadwal ngampus. Cieeee sekarang uda ngampus bahasanya ^o^

Cowo Melayu tinggi, putih dan kurus banget ituh Yudhy temen pertamaku, ketemu di auditorium, anaknya supel banget. Kemudian kenal sama cewe India Tamil, rambut panjang, tinggi dan ga kurus ga gemuk, itu Pina. Waktu lagi ospek 3 hari di kampus baru, ada cowo Jawa tinggi, sedikit kemayu dan rada pendiam itu Nano, setelah temenan beberapa bulan ternyata dia ga pendiam, semua berhasil di tipu sama dia. Waktu kuliah bahasa asing (Inggris) ada cewe batak, putih dan kurus juga, rambut sebahu mampir dan gabung di grup kita yang namanya Still Not Getting Any, lagu Simple Plan yang lagi naik daun waktu itu, dia itu Widya yang akhirnya jadi leader dan kita panggil Mami. Cowo Batak adenya temen kakaku yang di ekonomi, tinggi , besar dan kulitnya agak hitam dan ga segendut sekarang dia itu Hendra. Aha, ada satu cowo Batak lagi, putih, kurus juga dan lurus banget jalan pemikirannya akhirnya jadi penasehat spiritual itu dia Efron. Waktu jalan sore selesai kuliah Widya ada temen chubby, ga tinggi dan putih, cewe Batak satu ini hobby cerita dan ngobrol ampe dapat gelar s2 dari kita tanpa kuliah dia itu Flora. 

Ketika kita berjalan, semua mata pasti tertuju ama kita, karena kita warna warni kaya pelangi apalagi bajunya juga berwarna. Nah selama tiga tahun delapan bulan aku habisin bersama mereka, banyak cerita lucu dan kisah lucu mulai dari bersama ampe berpisah, mulai dari punya pacar ampe ga punya pacar, mulai dari ospek sampe skripsian. mulai dari registrasi sampai sekarang masing-masing berjuang untuk memeprtahankan diri untuk tetap hidup. Walaupun dengan hobby berbeda tapi kita tetap temenan lho. Kita nyebut diri sendiri Power Rangers and Friends, ini gara-gara Yudhy baca novel 5 cm kemudian dia terinspirasi jadilah kita pake nama itu. Novel dia seingatku udah hancur dan rusak, bingung deh ama yang pinjem bukunya serem amat, aku jadi ga bisa baca. Bahkan ampe novel itu di filmkan aku belum baca juga. 

Ternyata bukan cuma aku yang ga ngerti ini kuliahnya apa, temen-temenku ini juga ada yang ga tau, ntah apa motivasi awalnya buat milih jurusan ini, cuma jadinya kita bisa belajar bareng dan adaptasi bersama. Semester genap paling membosankan pokoknya. Males banget buat ngampus. Ada satu mata kuliah satu semester enam bulan, satu bulan masuk empat kali, satu kali dalam seminggu dan aku cuma hadir lima kali, pertemuan pertama, sebelum ujian mid, saat ujian mid semester, sebelum ujian semester dan waktu ujian semester. Untung aja masih bisa lulus karena aku nitip absen selagi bisa dan memanfaatkan tiga kali tidak hadir yang diperbolehkan. Tapi walau gitu aku tetep belajar lho dan nilaiku lumayan lah, cukup buat hias di transkrip nilai nantinya.

Aku cuma ingat aku dan Yudhy yang paling suka bolos karena ga bisa bangun pagi, ah iya Nano juga gitu. Yang paling rajin itu Pina, Widya dan Flora, jadi aku sering pinjem catatan ke mereka. Tapi aku ga akan mengizinkan ada satu absen pun kalau dosennya cakep atau rada horor. hehehe.. Aku pernah bolos demi Hendra bareng Yudhy juga cuma buat beliin cake coklat buat nembak cewe.  Kita sering ngemol juga selama kuliah ampe bosen lho, sering nonton dan karokean, sering beli baju dan sepatu diskonan. Pokoknya kita keren-keren la sampao bikin orang sekitar sirik. Sirik karena kita keren, sirik karena kita kompak dan sirik karena kita sering senang-senang. Biar deh mereka cukup kenal kita luarnya saja, mereka kan ga tau kita gimana, yang penting senang.  Ah iya , ga lupa urusan rambut juga ikutan di kerjain, wkwkw aku tuh paling doyan gonta ganti model rambut. Waktu ini suka dengan gaya Jepang yang harajuku, aku jug angecat rambut dan ganti warna per tiga bulan sekali. Buceri lo bule celup sendiri. Sampai akhirnya aku buat rambut jadi gelombang. hehe.. Entah kenapa rambutku rusak, ampe ga bisa resap air, dan aku memutsukan untuk cepak. Tadaaaaa aku jadi ganteng.. sampe wisuda aku juga ganteng ihh... Mantap :). Nah yang hobby dandan rambut ini cuma aku dan Yudhy yang paling dominan. 

Ah tapi temenku bukan cuma mereka bertujuh, banyak lho, satu angkatan sekitar 100 orang lebih deh kalo aku ga salah ingat. Nah lucunya anak kom 06 ini tiap kelompok ada nama yang lucu-lucu disesuaikan dengan kebiasaan. Tidak berarti kita tidak kompak, untuk beberapa kegiatan kampus kita akan menjadi satu kelompok. Kerja sama harus ada untuk mencapai tujuan. Misalnya tugas wirausaha kami jual coklat stroberi bareng sama kelompoknya Mel, untuk buat iklan layanan masyarakat tentang penghijauan kita bareng sama Fiqi. Untuk membentuk panitia OSPEK juga kita harus kerja sama dan untuk foto tahunan kampus juga bareng-bareng. Asik sekali deh masa kuliahnya Dan sering kita berdelapan malah berpisah untuk kepentingan diskusi kelompok. Namanya berbaur. hehehe.

Ada satu hari aku duduk terpisah dari anak-anak, nah biasanya kita duduk berdelapan, yah kita ini kaya anak ayam yang ga bisa lepas dari si mami, tapi hari ini lepas dulu yah. Aku duduk di sebelah Party. Entah gimana perbincangan kami berlanjut sampai dia memuji kami. Syukur banget telingaku ga terbang jadi sekarang masih bisa dengerin radio. Nah jadi kata Party kita ini keren banget dan kita habisin duit banyak buat semua ini. Ah iya lah habis duit buat beli baju dan sepatu tapi ini kan di pake juga cuam habisnya dikit karena barang diskonan. Waktu itu aku pake sepatu baru bermerek tapi aku belinya cuma Rp. 30.000 haha. Kata Party sepatuku ratusan ribu. Hampir aku ngakak, untung ga jadi kalau jadi aku bisa di usir sama dosen. Aku cuma jawab Party sepatu kamu lebih mahal tuh dengan merek ituh, haha dan ternayata bener. Akhirnya dia ngerti tata cara kita, cari aja yang murah kalo dapat yang bermerek ya syukur, kalau ga ya ga apa, yang penting nyaman. Nah berhubung aku juga kerja sambilan di mall jadi gampang buat cari yang murah-murah.

Kalau berantem pernah?? 
Ya pasti pernah lah, aku , Yudhy, Nano tukang ngambek, apalagi aku ngomong ceplas ceplos. Pina orang yang paling sabar deh, Flora dan Efron pendamai, kalo Hendra bagian senang-senang. Yang paling ngeri kalo marah itu ya si Mami, jangan sampai deh dia marah, yang berani deket ya cuma Pina. wkwkwk. Kita punya cita-cita ingin punya usaha bersama, mungkin nanti bisa semoga ya. Atau mungkin buka usaha es jagung aja, kaya abang es jagung di pintu 1 yang buat Nano ketagihan ampe bolak balik terus. Kalau di suruh cerita semua kayanya satu blog ini ga akan cukup, dan parahnya ingatanku ga terlalu baik. Aku cuma ingat mereka itu anak-anak baik dan aku sayang mereka selalu sampai sekarang ^o^ .

Masa skripsi, yang aku ingat yang pertama itu adalah Pina dan Efron, kemudian di susul oleh aku, Widya dan Flora, kemudian Yudhy, Minarno dan di tutup oleh Hendra. Masa yang indah setelah wisuda, bebas tanggung jawab sekolah dan mulailah penderitaan baru, mencari pekerjaan. wkwkwk. Ah, pernah Yudhy di rawat di rumah sakit, yanag da kita malah main di ruangan dia dan nginap disana. Alesan jagain dia, tapi malah pesta makan sama Nano.


Lupakan dulu itu, aku mau cerita proses sehingga skripsiku itu jadi. Waktu pertama ajuin judul aku semangat banget, semangat 45 mau perang lawan penjajah. Cara deskriptif pilihanku jadi ga akan ada angka dan semua hasil berupa huruf yang di gabung menjadi kata kemudian di satukan menjadi kalimat bermakna. Mengarang indah >0<

Aku tuh sama kaya mahasiswa lain, ga terlalu rajin dan sebagian dari skripsi aku contek dari skripsi senior. Jujur lho, apalagi waktu itu ga punya banyak waktu untuk nyelesain skripsi karena sudah kerja full time dari hari senin ke senin berikutnya. Syukurlah ada satu hari di setiap minggu yang bisa di pakai untuk ke kampus. Setelah judulku di acc aku pun siap-siap seminar, di bantu Rangers sebagai tim sukses, seminarku berjalan lancar, dosen pembimbingku baik dan ga galak. Asyik banget, cuma dia pernah salah persepsi, dia pikir aku bawa kendaraan ke kampus jadi pernah satu kali dia nitip aku beli nasi kotak untung ada Efron mau anterin buat ambil. hehe..

Skripsinya selesai dalam delapan bulan, lama juga karena sekitar empat bulan itu ga sentuh skripsi, putus sementara. Asik dengan kerjaan, tepatnya cape banget dan jujur udah megang duit malas buat lanjutin skripsi. Untung Ibu ingatin dan nanya mulu kapan wisuda, anak si itu sudah wisuda lho, ibukan mau lihat kamu wisuda juga. Jedeng..... Terus si ibu dosen juga nanyain ke temanku, aku sudah ga mau skripsian ya, ampe ga pernah ketemu si ibu dalam waktu  empat bulan. Aku tersentak juga, buset di cariin ibu dosen euy. Segera aku ke kampus selesain kuesioner dulu, bab 1 sampai bab 3 ekspress agak berantakan tapi nanati kan bisa di edit. Okey dan aku di usir sama Ibu Dosen hikssss.

'Pulang sana, ga usah di kelarin skripsinya. Buat apalagi, kan udah kerja". itu kata si Ibu. 
Aku nyengir-nyengir aja dan bilang bahwa saya salah dan mau lanjutin skripsi. Padahal udahmau nangis aja rasanya. Aku beruntung dapat dosen yang peduli lho dan di bantuin banget akhirnya skripsiku selesai 100 halaman penuh dengan teori-teori orang pintar dan hasil huruf -huruf yang ku karang menjadi kata yang akhirnya menajdi hasil dari penelitianku. Ingat lho hasilku itu tulisan semua jadi aku sebutnya mengarang indah. Dua bulan aku konsen kerjain skripsiku, banyak izin dari tempat kerjaku dan banyak gajiku di pootong. Tapi aku udah ga peduli, seandainya di pecat ya ga apa yang penting kuliahku selesai. Untungnya aku ga di pecat, dan tetap bertahan di sana. Yah walaupun hampir seperempat gajiku terpotong tiap bulan, belum lagi denda karena telat. wkwkwkw


Sebelum proses terakhir di sidang, harus mengundang dua dosen yang akan jadi pengujiku. Wah susah juga ternyata kejar dosen, sering aku datang dan mereka udah pulang. Akhirnya aku kejar sampai ke rumah. Tapi perjuanganku ga sia-sia. Semua berjalan dengan lancar. Selesai di sidang oleh 3 dosen akhirnya boleh wisuda. Tegang banget waktu di sidang. Syukurnya aku bisa meguasai diri dan akhirnya malah ngobrol santai dengan dosennya. dan di sini jadi tau apa yang salah dengan skripsi. Selesai revisi akhirnya Agustus 2010 boleh wisuda hehe. Wah menjadi mahasiswa itu asik yaaaa, kalau di pikir-pikir belajarnya ga susah yang susah itu ngalahin malasnya.

Sayangnya hari wisuda ku ga bisa dinikmatin bersama keluarga atau teman, alesan kerja. Kebetulan ada pameran. hadeuhhh.. tapi ya udahlah. Sah lho di belakang namaku ada tambahan gelar. Lucu dan aku dapat 2 lembar kertas, hasil selama 3 tahun 8 bulan bersenang-senang dan berjuang. hehehe Terima kasih Tuhan dan orang tua serta teman yang selalu dukung aku...





You may also like

No comments: