Introvert

/
0 Comments
Udah beberapa hari ini kebacanya artikel tentang Introvert, entah kebetulan atau gimana buat aku juga pengen nulis tentang ini, awal mulanya liat dari twitter, kemudian mulai deh aku mengkait-kaitkan keseharian ku dengan si penulis itu.

Introvert (Introversion)
Introvert atau Introversion adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang. Bukan berarti menghindari pergaulan sosial, tapi apa yang dilakuakns eorang introvert adalah apa yang seharusnya di lakukan dan secukupnya saja, tidak berlebihan. Selesai aktifitas maka kembali ketempat semula, ke tempat yang nyaman bagi dia.

Ciri-ciri Introvert:
a. Senang menyendiri dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai dsb)
Untuk seorang introvert, menyendiri adalah hal yang sangat menyenangkan. Melakukan apa yang di senangi tanpa harus di atur oleh orang lain. Duduk berjam-jam membaca buku, mendengarkan musik atau nonton, atau mungkin duduk di depan komputer.

b. Pemikir, berpikir dulu baru berbicara/melakukan
Cenderung berpikir lebih jauh beberapa langkah kedepan, mempertimbangkan baik buruk ataupun keuntungan dan kerugian dari setiap apa yang di lakukan. Bila ada masalah seorang introvert juga akan selalu berpikir apa, mengapa dan bagaimana selanjutnya. dan untuk mencetuskan sesuatu, seorang introvert sangat berhati-hati.

c. Pemalu
Rasa tidak bisa, atau tidak yakin dengan dirinya membuat seorang introvert cenderung pemalu. Terutama dalam hal mengungkapkan apa yang diinginkan atau dirasakan. Akhirnya seorang introvert menjadi pemendam.

d. Pendiam, Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
Susah untuk mengeluarkan pendapat dan perasaan cenderung membuat seorang introvert menjadi pendiam. Senang dengan dunia sendiri, melakukan hal yang di sukai sendiri. Pendiam bukan berarti seorang introvert sulit untuk di ajak berbicara, justru seorang introvert adalah pendengar yang baik, dan tidak terlalu banyak memberikan komentar atas apa yang anda ceritakan. Seorang introvert tidak akan mencampuri urusan orang lain dan bila memberikan pendapat hanya memberikan pandangan-pandangan yang umum saja. Dan biasanya tidak banyak berkomentar.

e. Lebih senang bekerja sendirian
Lebih senang bekerja sendirian, bukan berarti tidak bisa bekerja dalam tim. Seorang introvert terorganisir dan bertanggung jawab atas tugas yang di berikannya, sedikit perfeksionis membuat dia cenderung senang bekerja sendirian. Rasa tidak percaya kepada orang lain juga menjadi alasan untuk dia melakukan pekerjaan itu sendiri agar sesuai dengan apa yang di targetkan.

f. Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang (1 on 1 interaction)
berinteraksi langsung adalah pilihan utama seorang introvert, langsung bertemu dan beratatp muka, kemudian membicarakan hal yang akan di bahas. Mencarai penyebab masalah dan kemudian memutuskan solusi, bila bersama dengan banyak orang akan banyak pendapat dan sulit untuk menarik keputusan.

g. Susah bergaul (kuper),  Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
Seorang introvert butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, cenderung suka menganalisis dan mencoba mengetahui sekitarnya dengan baik. Untuk tahap selanjutnya dapat melanjutkan pembicaraan dengan orang lain. Akibatnya seorang introvert dianggap tidak gaul, padahal seorang introvert adalah orang yang menjunjung tinggi persahabatan dan tulus serta dapat di percaya.

h. Senang berimajinasi
Hal yang paling senang di lakukan seorang introvert adalah berimajinasi, yang merupakan langkah awal dari apa yang akan di targetkan.

i. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan
Tulisan adalah salah satu media yang paling di senangi, tulisan adalah tempat di mana seorang introvert menceritakan masalah dirinya sendiri kepada orang lain. 

Jika kalian masih berpikir bahwa seorang introvert adalah orang-orang yang menyebalkan, kuper dan terlihat lusuh. Mungkin kalian tidak mengerti bahwa sebenarnya kami sangat “bebas”. Kami menjadi diri kami sendiri sepenuhnya saat sendiri atau berada dalam wilayah kami. Kami tidak terikat oleh pasangan atau teman-teman yang bisa jadi menyebalkan. Hanya saja bagian terburuk adalah ketika kecewa dengan orang lain,s eorang introvert akan lebih memilih menjauh. ><
Aku senang jadi seorang yang introvert :) ..

(berbagai sumber dan pengalaman pribadi )


You may also like

No comments: